Implikasi model pembelajaran problem based learning terhadap kecerdasan logika matematika
Puji Rahmawati, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Melawi, Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini melihat dampak dari penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap kecerdasan logika matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group Pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini siswa kelas XI di salah satu SMK di Kabupaten Sanggau, Indonesia, sampel penelitian ini berjumlah 15 orang siswa kelas XI Akutansi. Instrumen penelitian ini terdiri dari 5 soal uraian kecerdasan logika matematika tentang materi negasi, konjungsi, disjugsi, implikasi dan biimplikasi. Hasil uji normalitas data menggunakan uji statistik Kolmogorov Smirnov menunjukan bahwa data pre-test dan post-test tidak berdistribusi normal. Rerata skor kecerdasan logika sebelum mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning sebesar 34. Sedangkan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning rerata skor kecerdasan logika matematika siswa menjadi 96. Untuk melihat apakah terdapat perbedaan kecerdasan logika matematika sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dilakukan menggunakan uji statistik Wilcoxon dimana hasil uji ini menunjukan bahwa nilai Asm. Sig. (2-tailed) hasil uji statistik sebesar 0,01 ≤ 0,05. Hal ini menunjukan terdapat perbedaan kecerdasan logika matematika sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model problem based learning. Oleh karena itu, model problem based learning dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kecerdasan logika matematika.
The impact of problem-based learning model on logical-mathematical intelligence
Abstract
The purpose of this study is to examine the impact of the use of problem-based learning on logical-mathematical intelligence. This study is quantitative in nature, using one-group pre-test and post-test design. The population is grade XI students of one of senior vocational high schools in Sanggau district, Indonesia, and the sample is 15 students of the Accounting class. The research instrument is a test consisting of five questions of logical-mathematical intelligence about negation, conjunction, disjunction, implication, and bi-implication. The normality test using the Kolmogorov Smirnov showed that the pre-test and post-test data were not normally distributed. The average score of the students’ logical-mathematical intelligence before they were treated using the problem-based learning model was 34 and after they were treated using the model, it was 96. To see if there was a difference in students’ logical-mathematical intelligence before and after the treatment using the model, the Wilcoxon statistical test was used and it showed that the Asm value. Sig. (2-tailed) statistical test results of 0.01 ≤ 0.05, which means that there are differences in students’ logical-mathematical intelligence before and after learning using the problem-based learning model. Therefore, the problem-based learning model can be used as one of the alternatives to improve logical-mathematical intelligence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alimuddin, H., & Trisnowali, A.(2018). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 169-182. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i2.238
Apriani, S., & Widhiasih, A. P. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan logika matematika melalui metode eksperimen pada anak usia 5-6 tahun di TK Riyadhul Aulad Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 44-54. https://doi.org/10.31000/ceria.v11i2.2339
Bintoro, H. S., Rochmad, R., & Isnarto, I. (2021). Model problem-based learning dalam perspektif ontologi dan epistemologi filsafat pendidikan matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1), 223–227. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44972
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2002). Research methods in education. Routledge.Fitriyah, D. M., Indrawatiningsih, N., & Khoiri, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir logis matematis siswaSMP kelas VII dalam Memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5286
Hasanah, W., & Siswono, T. Y. E.(2013). Kecerdasan logis-matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi komposisi fungsi. MATHEdunesa, 2(2), 6-12. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v2n2.p%25p
Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: Pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA, 5.
Lanani, K. (2015). Efektivitas pembelajaran kooperatif ditinjau dari peningkatan kemampuan penalaran logis matematis siswa. Infinity Journal, 4(2), 140-151. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.78
Madio, S. S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93-108. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3637.93-108
Maemanah, A., & Winarso, W. (2019). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap disposisi matematis siswa. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(1), 48-57. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.1.48-57
Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar terhadap hasilbelajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 BontomateneKepulauan Selayar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 103-116. https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a9
Mukarromah, L. (2019). Kecerdasan logis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika melalui problem posing pada materi himpunan kelas VII Mts Nurul Huda Mojokerto. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(8), 16-22. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/3905
Mustajab, A., Bahri, S., & Julyanto, Y. (2020). 7-Step PBL: Problem Solving ability of students in work and energy. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(3), 169-176. https://doi.org/10.26737/jipf.v5i3.1838
Mustajab, A., Muhardjito, M., & Sunaryono, S. (2019). Effects of 7-step Problems based learning and scientific reasoning on problem solving abilities. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(1), 47-60. https://doi.org/10.23960/jpf.v8.n1.202006Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). Kemampuan penalaran adaptif melalui model reciprocal teaching pada logika matematika dan himpunan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2), 124-130. https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.7276
Puspadewi, K. R. (2012). Pengaruh model pembelajaran ikrar berorientasi kearifan lokal dan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 1(2), 1-15. https://doi.org/10.23887/jppm.v1i2.447
Putri, U. A., & Wahyudi, W. (2020). Efektivitas model problem-based learning dan problem solving ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV SD. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(1), 69-78. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6088
Raehanah, R., & Apriani, R. (2019). Pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap hasil belajar matematika dasar. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 112-117. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i3.1051
Rahmawati, P., & Apsari, N. (2019). Analisis Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 1-14. https://doi.org/10.46368/jpd.v7i1.153
Rahmawati, P., & Slow, L. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan model pembelajaran matematika bahasa Inggris (Mating) di sekolah dasar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 443-455. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.7976
Rusmana, I. M., & Wulandari, D. S. (2020). Pengaruh gaya belajar dan kecerdasan logika matematika terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 1(2), 76-81. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.18
Sahin, M. (2010). Effects of problem-based learning on university students’ epistemological beliefs about physics and physics learning and conceptual understanding of Newtonian mechanics. Journal of Science Education and Technology, 19(3), 266–275. https://doi.org/10.1007/s10956-009-9198-7
Sari, R. N. (2020). Profil kemampuan berpikir logis matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 188-193. https://doi.org/10.30606/absis.v2i2.412
Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA NEGERI 1 Kintamani. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-11. https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.697
Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalampemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,3(1), 71-83. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.26
Tosun, C., & Senocak, E. (2013). The effects of problem-based learning on metacognitive awareness and attitudes toward chemistry of prospective teachers with different academic backgrounds. Australian Journal of Teacher Education, 38(3), 61-73. https://doi.org/10.14221/ajte.2013v38n3.2
Ulger, K. (2018). The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1), 1-19. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1649
Utami, D. T., & Melianingsih, N. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap prestasi belajar ditinjau dari kecerdasan logika matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(8), 828-841. https://doi.org/10.30998/sap.v3i2.3028
Zulfairanatama, G., & Hadi, S. (2013). Kecerdasan logika-matematika berdasarkan multiple intelligences terhadap kemampuan matematika siswa SMP di Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-26. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.549
DOI: https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:
Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.
All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X