PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DEA MODIS YOGYAKARTA
Rina Setyaningsih, , Indonesia
Enggar Kartikasari, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kualitas pelayanan di Batik dan Jumputan Dea Modis, 2) kepuasan pelanggan di Batik dan Jumputan Dea Modis, 3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Batik dan Jumputan Dea Modis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi 109 dan sampel penelitian sebanyak 52 responden mengunakan teknik accidental sampling dengan rumus slovin Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil uji validitas variabel pelayanan dari 15 pertanyaan dinyatakan valid dan variabel kepuasan konsumen sebanyak 9 pertanyaan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai variabel 0,91 dan variabel 0,86 > sig 0,6. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi yaitu dengan mean, median, modus dan standar deviasi. Uji hipotesis mengunakan korelasi product moment yang didahului dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. 1) Kualitas pelayanan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 90%. 2) Kepuasan pelanggan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 87%. 3) Pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai rhitung = 0,664 > r tabel = 0,263 dan nilai koefisien determinal sebesar 0,442, yang berarti variabel kualitas pelayanan menyumbangkan sebanyak 44,2% terhadap kepuasan pelanggan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.