KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Eka Wulandari, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Sri Listiani, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Muchamad Noerharyono, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
kesiapan kerja siswa kelas XII SMK dan mengidentikifikasi hal-hal
yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa kelas XII SMK dilihat dari
aspek-aspek kesiapan kerja, yaitu aspek bekerja sama, tanggung
jawab, bersikap kritis, mampu beradaptasi, melakukan pertimbangan
logis, memiliki ambisi, keterampilan, ilmu pengetahuan,
pemahaman, dan atribut kepribadian. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan
dengan cara membagikan kuesioner kepada siswa kelas XII SMKN
3 Bogor Kompetensi Keahlian Tata Busana. Hasil kesiapan kerja
siswa kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Tata Busana
berdasarkan seluruh aspek berada dalam kategori “Sangat Tinggi”
yaitu sebesar 84%, Hasil menunjukkan hampir seluruh aspek
kesiapan kerja berada pada kategori “Sangat Tinggi”. Aspek tertinggi
yaitu aspek Bekerja sama pada kategori “Sangat Tinggi” sebesar
91%. Namun pada aspek terendah yaitu aspek keterampilan masih
berada pada kategori “Tinggi” sebesar 69%. Memiliki kemampuan
bekerja sama, bertanggung jawab, bersikap kritis, mampu
beradaptasi, dapat melakukan pertimbangan logis, memiliki ambisi,
memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman serta atribut kepribadian
telah dimiliki siswa dengan sangat baik untuk kesiapan kerja, namun
untuk aspek keterampilan siswa seperti keterampilan dalam bidang
keahlian dan keterampilan manajerial masih harus ditingkatkan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.