Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Praktik Program Studi Pendidikan Tata Busana
Yeni Sesnawati, , Indonesia
Sinta Agustiani, , Indonesia
Abstract
Prokrastinasi akademik menjadi masalah umum dan masih sering terjadi dalam dunia pendidikan, terutama di tingkat pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar mata kuliah praktik Program Studi Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dan mengunakan metode survey. Teknik pengumpulan data berupa angket, serta dokumentasi. Pengumpulan data variabel prokrastinasi akademik dilakukan menggunakan skala Academic Procrastination Scale (APS) dari Mccloskey 2011 sebanyak 30 item pernyataan yang terdiri dari 2 jenis pernyataan yaitu favorable dan unfavorable. Sedangkan untuk variabel hasil belajar pengumpulan data berupa dokumentasi nilai UTS & UAS mata kuliah praktik. Populasi penelitian yaitu mahasiswa aktif S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2021, 2022, & 2023 yang berjumlah 142 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 104 orang. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 0,063 > 0,05 yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar mata kuliah praktik mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana. Dengan demikian, ada faktor lain, selain prokrastinasi akademik
yang lebih dominan mempengaruhi hasil belajar mata kuliah praktik mahasiswa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.