Penilaian E-Modul Materi Unsur Desain Warna

Rosa Octa Puri, , Indonesia
Vivi Radiona Sofyani Putri, , Indonesia
Dewi Suliyanthini, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penilaian e-modul materi Unsur Desain Warna pada Mata Kuliah Dasar Seni dan Desain. Penelitian ini dilakukan di laboratorium Program Studi Pendidikan Tata Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta pada tahun 2024. Penilaian pada penelitian ini dilakukan oleh 4 orang panelis ahli berdasarkan aspek kelayakan media pembelajaran dan penilaian karakteristik modul. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design one shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan angket campuran dengan skala pengukuran jenis rating scale. Teknik analisis data menggunakan pendekatan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran dalam bentuk e-modul materi unsur desain warna yang dinilai berdasarkan aspek kelayakan media pembelajaran dan aspek karakteristik modul memperoleh hasil sangat baik. Penilaian secara keseluruhan memperoleh nilai sangat layak dengan keunggulan e-modul memiliki konsep yang relevan dengan tujuan pembelajaran, materi yang sesuai dengan capaian pembelajaran, dilengkapi dengan kemudahan akses link e-modul bagi pengguna. Dapat disimpulkan bahwa e-modul materi unsur desain warna layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran materi unsur desain warna.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.