Kualitas Produk Sporty Hijab Sebagai Merchandise Universitas Negeri Jakarta

Vivi Radiona Sofyani Putri, , Indonesia
Yoga Matin Albar, , Indonesia
Nadya Silviany, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Sporty Hijab Sebagai Merchandise Universitas Negeri Jakarta dan memperoleh penilaian terhadap Kualitas Produk Sporty Hijab Sebagai Merchandise Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian kuantitatif deskriptif, model desain yang digunakan adalah pre- experimental design dengan bentuk desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian dengan skala pengukuran rating scale yang diberikan kepada 5 orang panelis ahli. Penilaian kualitas produk pada 5 produk sporty hijab yang dikombinasikan dengan busana activeware dinilai berdasrkan kriteria kualitas produk yaitu memenuhi indikator unsur kualitas produk, dimensi kualitas produk dan faktor kualitas positif. Hasil penelitian menyatakan bahwa indikator unsur kualitas produk dengan sub indikator harga yang wajar, ekonomis, awet, aman dan mudah digunakan mendapatkan persentase sebesar 88,6%, indikator dimensi kualitas produk dengan sub indikator kinerja, keindahan, kemudahan perawatan, keunikan, daya tahan, kualitas kesesuaian dan kegunaan yang sesuai mendapatkan persentase sebesar 86,25% dan indikator faktor kualitas positif dengan sub indikator desain yang bagus, keunggulan dalam persaingan, daya tarik dan keaslian mendapatkan persentase sebesar 84%. Berdasarkan hasil penelitian dari 5 produk sporty hijab, produk 1 memperoleh persentase tertinggi yaitu 88,2%, produk 1 merupakan hasil desain yang paling sesuai dengan penilaian indikator unsur kualitas produk, dimensi kualitas produk dan faktor kualitas positif. Sedangkan produk 2 memperoleh persentase terendah yaitu 85,6%. Dapat disimpulkan bahwa penilaian kualitas produk sporty hijab sebagai merchandise Universitas Negeri Jakarta dengan kombinasi busana activeware, mendapatkan persentase 86,2% dengan kategori sangat baik sehingga dinyatakan sangat layak untuk pembuatan merchandise serta inovasi produk sporty hijab kepada mahasiswa maupun masyarakat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.