INOVASI ODENG AYAM DENGAN SUBSTITUSI TEMPE SEBAGAI KUDAPAN TINGGI PROTEIN UNTUK GENERASI Z
Marwanti -, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan resep produk Odeng Tempe, 2) menentukan cara penyajian dan kemasan produk Odeng Tempe, 3) mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk Odeng Tempe, dan 4) menentukan harga jual dan BEP produk Odeng Tempe. Metode penelitian yang digunakan dalam produk ini adalah Research and Development dengan menggunakan 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define dilakukan melalui uji coba 3 resep acuan dan dipilih 1 resep terbaik. Tahap design dilakukan melalui pengembangan resep acuan terpilih. Tahap develop dilakukan dengan pemantapan penyajian dan kemasan. Tahap disseminate dilakukan dengan diseminasi produk melalui pameran. Analisis diseminasi pameran dengan 50 panelis tidak terlatih diuji dengan menggunakan aplikasi JASP dengan uji t sampel berpasangan. Hasil yang diperoleh adalah: 1) resep produk Odeng Tempe yang tepat dengan substitusi 15%, 2) kemasan produk Odeng Tempe menggunakan paper cup dengan diameter 5 cm dan tinggi 9 cm sebagai kemasan primer, 3) daya terima masyarakat terhadap produk Odeng Tempe ditunjukkan dengan penilaian uji sensoris dan hasil analisis uji paired t-test. Nilai p dari aspek warna dan kemasan secara berturut-turut adalah 0.029 dan 0.020, dimana p < 0.05 terdapat perbedaan yang signifikan sehingga penerimaan masyarakat terhadap Odeng Tempe lebih tinggi dibandingkan Odeng acuan. Sedangkan dari aspek aroma, rasa, tekstur, dan keseluruhan secara berturut-turut adalah 0.378; 0.330; 0.087; dan 0.484 dimana p > 0.05 tidak terdapat perbedaan yang signifikan sehingga penerimaan masyarakat terhadap Odeng Tempe sama atau lebih rendah dibandingkan dengan Odeng acuan, dan 4) harga jual Odeng Tempe Rp10.000/pcs dengan BEP sebanyak 6 unit.
Refbacks
- There are currently no refbacks.