PIE TART DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG TEMPE YANG DIISI DENGAN WHITE COKLAT DAN TABURAN TEMPE CRISPY (PAIPE) UNTUK MENINGKATKAN KADAR HEMOGLOBINPADA REMAJA PUTRI
Fitri Rahmawati, , Indonesia
Abstract
Pie merupakan hidangan yang termasuk short pastry yang memiliki kulit dengan dominan rasa gurih, namun dapat diisi dengan berbagai bahan manis ataupun gurih, yang mana isian pie ini dapat ditutupi oleh adonan pastry atau hanya memanggang kulit pie tanpa isi. PAIPE merupakan sebuah produk pie yang bergizi dab sehat menggunakan substitusi tepung tempe. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. menemukan resep produk pie isi white chocolate dan taburan tempe crispy dengan subtitusi tepung tempe, 2. menentukan penyajian dan kemasan produk pie isi white chocolate dan taburan tempe crispy dengan subtitusi tepung tempe, 3. mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk pie isi white chocolate dan taburan tempe crispy dengan subtitusi tepung tempe dan
4. menentukan harga jual dan break-even point produk pie isi white chocolate dan taburan tempe crispy dengan subtitusi tepung tempe serta 5. menganalisis business model canvas (bmc) produk pie isi white chocolate dan taburan tempe crispy dengan subtitusi tepung tempe.. Metode penelitian yang digunakan dalam produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pembuatan produk PAIPE menggunakan tahapan ujicoba resep produk acuan, uji coba resep produk pengembangan, uji validasi produk oleh expert, uji tingkat kesukaan produk dengan panelis skala terbatas, serta didiseminasikan melalui pameran. Analisis data diperoleh dari uji sensoris dengan 50 orang panelis lalu diuji menggunakan uji paired t-test untuk mengetahui adanya tingkat perbedaan daya terima antara produk acuan dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) resep produk PAIPE yang tepat dengan substitusi tepung tempe sebesar 30% dari bahan utamanya yaitu terigu, 2) kemasan produk menggunakan plastik OPP sebagai kemasan primer yang diikat menggunakan tali kawat juga diberi label dan plastik berwarna sebagai kemasan sekunder, 3) daya terima masyarakat terhadap produk PAIPE ditunjukkan dengan penilaian uji sensoris dan hasil analisis uji paired t-test. Nilai p-value dapat dilihat melalui parameter sensoris yaitu warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan (overall) secara berturut-turut semua bernilai sama yaitu <. 001 dimana seluruhnya bernilai < α = 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan sehingga penerimaan masyarakat terhadap pie dengan substitusi tepung tempe yang lebih tinggi dibandingkan pie dengan tepung terigu biasa, dan 4) harga jual PAIPE sebesar Rp.2.500/pcs dengan BEP unit sebanyak 23 pcs.
Refbacks
- There are currently no refbacks.