HUBUNGAN PENGETAHUAN SUSTAINABLE FASHION DENGAN PREFERENSI PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA GENERASI Z
Noor Fitrihana, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat pengetahuan sustainable fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal, (2) mengetahui tingkat preferensi pembelian produk fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal, (3) mengetahui hubungan antara pengetahuan sustainable fashion dengan preferensi pembelian produk fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Waktu penelitian mulai dari bulan Januari sampai dengan Juni 2024. Populasi yang digunakan adalah generasi Z usia 18 – 25 tahun yang berada di Kelurahan Caturtunggal, Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dan metode pengambilan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat pengetahuan sustainable fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal tergolong cukup baik dengan mayoritas skor dikategori sedang (66%), (2) tingkat preferensi pembelian produk fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal tergolong cukup baik dengan mayoritas skor dikategori sedang (48%), (3) terdapat hubungan antara pengetahuan sustainable fashion dengan preferensi pembelian produk fashion pada generasi Z di Kelurahan Caturtunggal (r = 0,620; Sig. = 0,00 > 0,05). Hasil koefisien korelasi penelitian ini menunjukkan tingkat korelasi kuat (0,620) sehingga semakin tinggi tingkat pengetahuan sustainable fashion, maka semakin tinggi pula tingkat preferensi pembelian terhadap produk fashion yang berkelanjutan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.