INOVASI SCONES DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG TEMPE SEBAGAI OLAHAN INTERNASIONAL UNTUK GEN Z
Marwanti -, , Indonesia
Abstract
Scones merupakan salah satu biscuit yang sering ditemui pada acara minum teh Inggris. Scope merupakan produk inovasi scones dengan substitusi tepung tempe. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan resep yang tepat untuk produk Scones Tempe, 2) menentukan kemasan produk Scones Tempe, 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk Scones Tempe, 4) menentukan harga jual dan BEP produk Scones Tempe. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang terdiri tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pembuatan Scones Tempe dimulai melaui tahapan uji coba resep acuan produk acuan, uji coba resep produk pengembangan, uji validasi produk oleh expert, uji tingkat kesukaan produk dengan panelis skala terbatas, serta didisseminasikan melalui pameran. Analisis data diperoleh dari uji sensoris dengan 50 orang panelis lalui diuji menggunakan uji paired t-test untuk mengetahui adanya tingkat perbedaan daya terima antara produk acuan dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) resep produk Scones Tempe yang tepat dengan substitusi tepung tempe 10%, 2) kemasan produk menggunakan box mika dengan ukuran 8x6x2,5 cm, 3) daya terima masyarakat terhadap produk Scones Tempe ditunjukkan dengan penilaian uji sensoris dan hasil analisisi uji paired t-test. Nilai p-value dari aspek warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut bernilai 0,002; 0,020; 0,023; 0,021; dan 0,001 dimana seluruhnya bernilai < α = 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan. Penerimaan masyarakat terhadap Scones Tempe lebih tinggi daripada scones biasa, dan 4) harga jual Scones Tempe Rp4.000/unit dengan BEP sebanyak 20 unit.
Refbacks
- There are currently no refbacks.