E-Modul Desain dan Produksi Busana dengan Teknik Digital
Muchamad Noerharyono, , Indonesia
Lusiani -, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penilaian e-Modul Desain dan Produksi Busana dengan Teknik Digital. Penilaian berdasarkan aspek bahan ajar, meliputi aspek materi, aspek penyajian, dan aspek kebahasaan dan berdasarkan karakteristik modul, meliputi Self Instructional, Self Contained, Stand Alone, Adaptive, User Friendly. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan yaitu Pre- Experimental Design dengan bentuk One-Shot Case Study. Skala penilaian yang digunakan adalah Rating Scale dan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada aspek bahan ajar mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 93,8 % kategori Sangat Baik (SB). Pada aspek bahan ajar, aspek materi merupakan nilai tertinggi, yaitu dengan persentase 98,6 %, sedangkan aspek kebahasaan memiliki nilai terendah, yaitu dengan persentase 87,5 %. Hasil penelitian berdasarkan karakteristik modul mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 95,5 % kategori Sangat Baik (SB). Pada karakteristik modul, Self Contained dan Adaptive merupakan nilai tertinggi, yaitu dengan persentase 100 %, sedangkan Stand Alone memiliki nilai terendah, yaitu dengan persentase 87,5
%. Total keseluruhan nilai yang didapat baik dari aspek bahan ajar maupun karakteristik modul adalah sebesar 94,5 % kategori Sangat Baik (SB) sehingga dapat dikatakan e-Modul Desain dan Produksi Busana dengan Teknik Digital sangat baik digunakan sebagai bahan ajar dalam pembuatan desain busana dan technical drawing secara digital.
Refbacks
- There are currently no refbacks.