PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR PROGRAM KEAHLIAN PADA SISWA KELAS X DI SMK

Ghaida Puspa Wahyu Haifah, , Indonesia
Sri Wahyu Andayani, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 59 responden dengan menggunakan Teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan 20 responden. Uji coba validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunkan rumus cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis stastistik deskriptif dan analisis korelasi  product moment yang didahului dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 53%. Hasil belajar termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan presentase 76%. Nilai korelasi produk moment didapatkan rhitung = 0,643> rtabel = 0,256 dan nilai koefisien determinan didapat hasil hasil bahwa 0,413 yang berarti  variable motivasi menyumbangkan sebanyak 41,3% terhadap hasil belajar

Refbacks

  • There are currently no refbacks.