PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DEA MODIS YOGYAKARTA

Licia Dwi Nurmala Sari, , Indonesia
Rina Setyaningsih, , Indonesia
Enggar Kartikasari, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui1) kualitas pelayanan di Batik dan Jumputan Dea Modis, 2) kepuasan pelanggan di Batik dan Jumputan Dea Modis, 3)pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Batik dan Jumputan Dea Modis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan populasi 109 dan sampel penelitian sebanyak 52 responden mengunakan teknik accidental sampling dengan rumus slovinTeknik pengumpulan data menggunakan angketdan dokumentasi.  Hasil uji validitas variabel pelayanan  dari 15 pertanyaan dinyatakan valid dan variabel kepuasan konsumen  sebanyak 9 pertanyaan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai variabel 0,91 dan variabel   0,86 > sig 0,6.Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi yaitu dengan mean, median, modus dan standar deviasi. Uji hipotesis mengunakan korelasi product moment yang didahului dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan linieritas. 1) Kualitas pelayanan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 90%. 2) Kepuasan pelanggan termasuk dalam kategori tinggidengan presentase 87%. 3) Pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan  dengan nilai rhitung = 0,664  > r tabel = 0,263dan nilaikoefisien determinal sebesar  0,442, yang berarti  variabel  kualitas  pelayanan  menyumbangkan sebanyak 44,2%  terhadapkepuasan pelanggan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.