KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Eka Wulandari, , Indonesia
Sri Listiani, , Indonesia
Muchamad Noerharyono, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan kerja siswa kelas XII SMK dan mengidentikifikasi hal-hal yang mempengaruhi kesiapan kerja siswa kelas XII SMK dilihat dari aspek-aspek kesiapan kerja, yaitu aspek bekerja sama, tanggung jawab, bersikap kritis, mampu beradaptasi, melakukan pertimbangan logis, memiliki ambisi, keterampilan, ilmu pengetahuan, pemahaman, dan atribut kepribadian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada siswa kelas XII SMKN 3 Bogor Kompetensi Keahlian Tata Busana. Hasil kesiapan kerja siswa kelas XII SMK Kompetensi Keahlian Tata Busana berdasarkan seluruh aspek berada dalam kategori “Sangat Tinggi” yaitu sebesar 84%, Hasil menunjukkan hampir seluruh aspek kesiapan kerja berada pada kategori “Sangat Tinggi”. Aspek tertinggi yaitu aspek Bekerja sama pada kategori “Sangat Tinggi” sebesar 91%. Namun pada aspek terendah yaitu aspek keterampilan masih berada pada kategori “Tinggi” sebesar 69%. Memiliki kemampuan bekerja sama, bertanggung jawab, bersikap kritis, mampu beradaptasi, dapat melakukan pertimbangan logis, memiliki ambisi, memiliki ilmu pengetahuan dan pengalaman serta atribut kepribadian telah dimiliki siswa dengan sangat baik untuk kesiapan kerja, namun untuk aspek keterampilan siswa seperti keterampilan dalam bidang keahlian dan keterampilan manajerial masih harus ditingkatkan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.