TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PRODUK DAN LAYANAN USAHA MODISTE LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Melarisa Eka Yulianti, , Indonesia
Siti Mariah, , Indonesia

Abstract


Banyak lulusan SMK yang membuka usaha modiste, namun seringkali kualitas dan layanannya tidak sesuai dengan harapan pelanggan. Tujuan penelitian ini mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk dan layanan usaha modiste lulusan SMK Tata Busana di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi 120 orang yang diambil sampel sebanyak 55 orang secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang diuji validitas menggunakan korelasi product moment diperoleh 28 item valid. Uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach dengan nilai koefisien 0,972. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pelanggan pada kualitas produk busana dan layanan usaha modiste lulusan SMK Tata Busana termasuk dalam presentase sangat tinggi, sehingga dapat dikatakan sangat puas. Kepuasan pelanggan pada kualitas produk busana dengan presentase 73% sangat puas, dan kepuasan pelanggan pada layanan dengan presentase 65% sangat puas. Direkomendasikan untuk memanfaatkan jasa modiste yang dikelola oleh lulusan SMK.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.