UPAYA MEMPERBAIKI SUASANA DAN STIMULAN YANG BAIK BAGI TUBUH MELALUI PEMBUATAN COKELAT TEMPE KARAKTER BAGI GENERASI GEN Z

Sabrina Putri Mahmudiarto, , Indonesia
Kokom Komariah, , Indonesia

Abstract


Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasikan atau diurai oleh mikroorganisme. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menemukan resep produk Cokelat Tempe Karakter; (2) Menghitung harga jual produk Cokelat Tempe Karakter;(3) Mengetahui tingkat penerimaan masyarakat terhadap produk Cokelat Tempe Karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model pengembangan 4D, yakni define, design, development dan disseminate. Data akan diolah  menggunakan uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian Cokelat tempe karakter menunjukkan perbedaan signifikan  antara produk  cokelat tempe acuan dengan produk  cokelat tempe pengembangan, dilihat dari  aspek warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan dengan P value masing-masing adalah 0.0443, 0.0010, 0.0036, 0.3197, 0.0112, 0.0001 yang berarti  < 0,05. Dari data analisis T-test telah diperoleh nilai P pada masing-masing uji  sensoris. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari uji sensoris (warna, aroma, rasa, teksture dan overall) memiliki nilai P yang kurang dari 0.05 yang berarti terdapat perbedaan nyata antara produk acuan dan pengembangan. Produk pengembangan memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi daripada produk acuan. Sehingga dapat dikatakan walaupun terdapat perbedaan secara nyata, namun panelis lebih menyukai produk pengembangan dan produk pengembangan dapat diterima. 

   Setelah melakukan penelitian pada produk cokelat tempe karakter didapatkan satu resep pengembangan dengan tempe sebesar 10-20% dari jumlah cokelat. Perhitungan setiap produk adalah HPP 4.000 dengan harga jual 6,700 (mark-up HPP 30%). Untuk BEP, dalam satu kali produksi yang dapat menghasilkan 3 produk.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.