PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PRODUK FASHION MELALUI LIVE STREAMING SHOPEE PADA GENERASI Z SLEMAN

Faida Suci Wulandari, , Indonesia
Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Berbelanja melalui fitur live streaming dari aplikasi Shopee menjadi populer di kalangan generasi Z hingga mendorong mereka melakukan pembelian impulsif. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui: (1) karakteristik live streaming Shopee yang mendorong generasi Z di Kabupaten Sleman melakukan pembelian impulsif; dan (2) perilaku pembelian impulsif produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah generasi Z pengguna e-commerce Shopee di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan rumus Widiyanto, diperoleh jumlah responden adalah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitasnya menggunakan validitas konstruk dan pengujian reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) karakteristik live streaming Shopee yaitu parasocial interaction berada dalam kategori sangat baik sebesar 75%, information quality berada dalam kategori sangat baik sebesar 69%, streamer attractiveness berada dalam kategori sangat baik sebesar 70%, price promotion berada dalam kategori sangat baik sebesar 94%, dan promotion time limit juga berada dalam kategori yang sangat baik dengan persentase sebesar 63%; (2) perilaku pembelian impulsif produk fashion pada generasi Z di Kabupaten Sleman termasuk dalam kategori sering dilakukan dengan persentase sebesar 42%.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.