INOVASI PRODUK BAKPIA DENGAN KUMBU TEMPE SEBAGAI VARIAN BARU ISIAN UNTUK MENGEMBANGKAN OLEH-OLEH KHAS YOGYAKARTA

Nurul Nashira Apriliany Sugito, , Indonesia
Fitri Rahmawati, , Indonesia

Abstract


Bakpia adalah sejenis kue pastri berbentuk bulat pipih yang diberi isian dari campuran kacang hijau dan gula. Melalui penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan tempe menjadi kumbu yang nantinya dapat menjadi varian baru dari isian bakpia dan dapat mengembangkan oleh-oleh khas Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menemukan resep kumbu tempe untuk produk bakpia, 2) menentukan penyajian dan kemasan produk bakpia kumbu tempe, 3) mengetahui daya terima masyarakat terhadap produk bakpia kumbu tempe, 4) menentukan harga jual produk bakpia kumbu tempe, 5) menentukan nama merek bakpia tempe. Metode penelitian yang digunakan dalam produk ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pembuatan bakpia dengan isian kumbu tempe ini melalui pengujian produk resep acuan, uji coba produk pengembangan, penilaian tingkat kesukaan oleh panelis ahli, dan uji disseminate melalui pameran dan artikel ilmiah. Analisis data diperoleh dari uji sensoris dengan 50 orang panelis tidak berpengalaman setelah itu data diolah menggunakan paired t-test untuk mengetahui adanya tingkat penerimaan masyarakat antara produk acuan dan produk pengembangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Resep produk bakpia dengan kumbu tempe dengan presentase tempe sebesar 100%, 2) Kemasan primer produk menggunakan plastik doff berukuran 5,5 cm × 8,5 cm dan kemasan sekunder menggunakan slide box berukuran 24 cm × 11 cm × 5 cm, 3) Daya terima masyarakat terhadap bakpia tempe didapatkan melalui uji sensoris dan pengolahan data menggunakan paired t-test. Nilai p atau p-value dari aspek warna, aroma, rasa, tekstur, kemasan, dan keseluruhan secara berturut-turut bernilai 0,096; 0,485; 0,135; 0;674; 0,497; dan 0,569 dimana seluruhnya bernilai nilai p dari data lebih besar dari 0,05 atau p>0.05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan nyata atau perbedaan signifikan pada tingkat penerimaan masyakarat terhadap produk acuan dan produk pengembangan bakpia tempe, 4) Harga jual bakpia tempe dengan 1 box berisi 20 pcs bakpia adalah Rp 32.000, 5) Merek bakpia tempe yang telah ditentukan adalah TEMPIA.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.