KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO MICROLEARNING PADA PEMBUTAN DESAIN BUSANA PESTA MALAM
Endang Wani Karyaningsih, , Indonesia
Enggar Kartikasari, , Indonesia
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup pesat telah mempengaruhi pembangunan di Indonesia terutama dalam bidang pendidikan. Media pembelajaran yang digunakan di SMK Negeri 6 Yogyakarta masih dalam bentuk manual hardcopy. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menguji kelayakan media pembelajaran pembuatan desain busana pesta malam wanita oleh ahli materi dan ahli media, 2) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pembuatan desain busana pesta malam wanita berbasis video microlearning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D dengan tahapan: a) define, b) design, c) development, d) dissemination. Validasi menggunakan 2 ahli materi dan 2 ahli media. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa: 1) Kelayakan pada media pembelajaran video microlearning oleh 2 ahli materi diperoleh persentae 90,83% kategori sangat layak dan hasil kelayakan oleh 2 ahli media diperoleh persentase 94,17% termasuk kategori sangat layak, 3) Respon peserta didik terhadap media pembelajaran video microlearning pada uji coba skala keciltermasuk dalam kategori sangat setuju 87,04% dan pada uji coba skala terbatas termasuk dalam kategori sangat setuju 89,91%.
Refbacks
- There are currently no refbacks.