PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR-DASAR KULINER KELAS X DI SMK
Rina Setyaningsih,
Abstract
Pentingnya media pembelajaran sebagai alat bantu dalam kegiatan belajar untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar dasar-dasar kuliner di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 40 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba instrumen menggunakan 25 responden. Uji validitas menggunakan rumus correlation product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif dan analisis korelasi didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil uji normalitas variabel independen menunjukkan nilai Fhitung = 0,784 > Ftabel = 0,05 dan uji normalitas variabel dependen menunjukkan nilai Fhitung = 0,237 > Ftabel = 0,05 sedangkan uji liniearitas menunjukkan nilai Fhitung 0,096 > Ftabel = 0,05. Uji hipotesis menunjukkan nilai rhitung = 0,867 > rtabel = 0,312 dengan nilai koefisien determinan 0,752. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran video dalam kategori rendah dengan presentase 40%, hasil belajar dasar-dasar kuliner dalam kategori tinggi dengan presentase 48%, dan melalui uji koefisien determinasi didapatkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar dengan presentase 75,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variable lain.
Refbacks
- There are currently no refbacks.