PENGARUH FAST FASHION TERHADAP MENINGKATNYA PERILAKU KONSUMTIF PADA MASYARAKAT

Anita Rifda Noor Hanifa, , Indonesia
Putri Marganing Utami, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mencari tahu pengaruh dari kemunculan fast fashion terhadap meningkatnya perilaku konsumtif pada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis dengan menganalisis artikel, laporan, dan buku yang dipilih sesuai kata kunci, menarik kesimpulan, dan memberikan kritik terhadap topik. Penelitian ini menggunakan metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta- Analyses) untuk melakukan tinjauan pustaka dalam empat tahap: identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan inklusi. Diagram alir pencarian literatur yang dilakukan pada database Google Scholar. Fast fashion menjadi  solusi  instan bagi Gen Z untuk mengikuti  tren fashion terkini.Industri fast fashion berdampak negatif terhadap kesehatan mental konsumen, karena mereka cenderung membeli produk yang sesuai dengan keinginan mereka atau lebih menyukai produk yang treni dan berkualitas tinggi. Masuknya budaya konsumerisme membuat mereka akan terus-terus mengeluarkan biaya untuk membeli barang-barang fast fashion sesuai keinginan mereka bukan terletak pada kebutuhan. Konsumen memiliki peran yang kuat dalam mendorong perubahan positif dengan menjadi lebih sadar, kritis, dan bertanggung jawab dalam pembelian mereka. Dengan mengintegrasikan pengetahuan tentang tren konsumtif, praktik fast fashion, dan dampak sosial-lingkungan dengan teori- teori yang sesuai, kita dapat lebih memahami peran konsumen dalam mengarahkan arah keberlanjutan dan tanggung jawab dalam dunia konsumsi global.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.