PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH MAKAN PONDOK BAKARAN YOGYAKARTA

Salma Nur Jannah, , Indonesia
Endang Wani Karyaningsih, , Indonesia
Rina Setyaningsih, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Rumah makan Pondok Bakaran Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 56 responden dengan menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba intrumen sebanyak 30 orang. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggnakan rumus cronbach’s alpha. Hasil uji validitas kualitas produk dari 31 pertanyaan terdapat 3 item yang dinyatakan tidak valid dan kepuasan pelanggan dari 21 pertanyaan terdapat 1 item yang dinyatakan tidak valid. Uji reliabilitas dinyatakan reliabel dengan nilai kualitas produk 0,797 dan kepuasan pelanggan 0,779. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif dan analisis korelasi didahului dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Kualitas produk termasuk dalam kategori cukup dengan presentase 63%. Kepuasan pelanggan termasuk dalam kategori tinggi dengan presentase 89%. Melalui uji koefisien determinasi didapatkan hasil bahwa kualitas produk berpengaruh 8,2% terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.