PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENJAHIT BELAHAN BUSANA PADA SISWA TATA BUSANA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Vina Laila Ramandhani, , Indonesia
Endang Wani -, , Indonesia
Desy Tri Inayah, , Indonesia

Abstract


Penggunaan media pembelajaran video tutorial bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menyampaikan materi tentang langkah-langkah pembuatan belahan busana paspoile dan tutup tarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pendapat siswa tentang penggunaan media pembelajaran video tutorial, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit, 3) pengaruh penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar menjahit siswa tentang pembuatan belahan busana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Tata Busana di SMK ma’arif 2 Sleman dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan proportional simple random sampling sebanyak 32 responden. Uji coba dilakukan pada 30 siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 2 Sleman sebagai responden diluar sampel. Uji validitas menggunakan pearson product moment diperoleh 23 item valid dan 2 item gugur. Uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan korelasional. Uji hipotesis menggunakan korelasi spearman. Hasil penelitian secara deskriptif menjelaskan bahwa: 1) hasil penggunaan media pembelajaran video tutorial dalam kategori sangat tinggi dengan frekuensi relatif 93,75%, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit dalam kategori sangat tinggi dengan frekuensi relative 100%, 3) tidak terdapat pengaruh antara pengaruh media pembelajaran video tutorial terhadap hasil belajar menjahit belahan busana pada siswa tata busana kelas X di SMK Ma’arif 2 Sleman. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh nilai sebesar 0,412>0,05, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial belum tentu dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan dalam meningkatkan hasil belajar dibutuhkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.