PENINGKATAN KETERAMPILAN PENGOLAHAN ANEKA KUE UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI KALURAHAN MARGOSARI

Sutriyati Purwanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Mutiara Nugraheni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ngabdul Munif, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ezra Chica’al Sandya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini secara garis besar bertujuan memberikan wawasan, edukasi dan keterampilan bidang kuliner untuk meningkatkan perekonomian khusunya di masyarakat Kampung KB Kalurahan Margosari Pengasih Kulon Progo. Pengetahuan dan ketrampilan yang diberikan untuk masyarakat meliputi: 1) Pengetahuan mengolah berbagai aneka jenis kue, 2) ketrampilan dalam membuat dan mengemas aneka jenis produk kue dengan baik, 3) mengetahui berbagai macam jenis kemasan dan label yang digunakan , 4) Ketrampilan berkaitan menghitung harga jual produk. 

Kegiatan PkM diselenggarakan bulan 3-4 Agustus 2023, bertempat di Laboratorium Pastry Tata Boga FV UNY. Sasaran peserta PkM merupakan masyarakat kampung KB Kalurahan Margosari Pengasih Kulon Progo. Metode yang digunakan yaitu ceramah, diskusi dan tanya jawab, serta praktik. Hasil dari kegiatan PkM dianalisis dengan menggunakan Teknik deskriptif dengan nilai Presentasi.

Hasil dari kegiatan PkM diantaranya peserta: 1) Mempunyai pengetahuan dalam mengolah berbagai aneka jenis kue, 2) Terampil dalam membuat dan mengemas aneka jenis produk kue nusantara dan pastry dengan baik, 3) Mempunyai pengetahuan  jenis kemasan dan label yang digunakan, 4) Terampil menghitung harga jual produk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.