IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA

Sadia Sadia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dian Retnasari, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kurikulum di Indonesia sendiri lebih sering dipandang kaku, tidak memiliki banyak kesempatan untuk benar-benar memahami isinya dan memikirkan apa yang telah dipelajari. Dalam kebijakan Merdeka Belajar telah diusungkan perubahan pada kurikulum di Indonesia. Kurikulum merdeka belajar merupakan hasil pengembangan kurikulum pada masa pandemi COVID-19 karena diperlukan kurikulum yang fleksibel pada masa pandemi COVID-19. Proses pembelajaran menggunakan Kurikulum Merdeka menerapkan apa yang disebut sebagai profil pelajar pancasila. Pembelajaran project based learning merupakan jenis pembelajaran yang memakai project/kegiatan sebagai tujuan pembelajaran. Karakteristik pembelajaran berbasis proyek yaitu: (1) Mintalah peserta didik agar mempertimbangkan gagasan serta berbagai masalah krusial; (2) Adalah prosedur investigasi; (3) Berkaitan pada keperluan keinginana siswa; (4) Produksi dan presentasi karya mandiri yang berpusat pada siswa; (5) Memanfaatkan keahlian kreatif, critical thinking, serta memeriksa keterangan atau penjelasan sebelum melaksanakan penelitian, menyimpulkan, juga mewujudkan benda; (6) Berkaitan pada masalah-masalah faktual yang otentik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.