INOVASI PRODUK SNACK BAR SUBTITUSI IKAN TUNA ( TUNA BAR ) SEBAGAI PENGGANTI SARAPAN GENERASI Z

Raden Timotius Arka, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Badraningsih Lastariwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Indonesia merupakan salah satu negara produsen perikanan terbesar di dunia, salah satunya adalah ikan tuna dengan presentase 17% dari total produksi global. Hasil yang melimpah ini tidak didukung dengan konsumsi ikan yang tinggi oleh masyarakat terutama pada generasi Z. Pada masa pandemik, generasi Z juga mulai memiliki kebiasaan baru yaitu sarapan. Salah satu camilan ringan yang popular untuk sarapan adalah snack bar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk;(1) menemukan resep inovasi produk snack bar dengan substitusi bahan dasar ikan tuna, (2) Mengetahui penerimaan masyarakat terhadap snack bar dengan substitusi bahan dasar ikan tuna. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model penelitian 4D, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Uji daya terima masyarakat dilakukan melalui uji validasi 1 & 2 oleh dosen pengampu dan penyebaran borang kepada panelis tidak terlatih dalam pameran inovasi produk boga yang kemudian dianalisis menggunakan Uji T- test. Hasil penelitian ini adalah masyarakat sangat menyukai produk inovasi snack bar dengan subtitusi 25% ikan tuna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.