DAYA TERIMA MASYARAKAT PADA EKSPLORASI BLUS BERMOTIF CINTA INDONESIA

Kusminarko Warno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Enny Zuhni Khayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sri Emy Yuli Suprihatin, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Alicia Christy Zvereva Gadi, Universitas Negeri Yogyakarta
Widyabakti Sabatari, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui teknik sulaman melekatkan benang dengan motif cinta Indonesia pada blus wanita gaya neo classic, 2) mengetahui daya terima masyarakat dari para calon pengguna.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode pengambilan data menggunakan uji panelis ahli dan uji panelis calon pengguna/konsumen. Yang dilengkapi dengan lembar penilaian dan angket. Untuk sampel uji dibuatlah empat sampelĀ  blus dengan model yang sama namun dengan empat warna dan motif cinta tanah air yang berbeda-beda yang disebut dengan model A,B,C dan D. Sumber data penelitian ini adalah para mahasiswa dan Masyarakat umum de ngan rentang usia 18-50 tahun. Responden dengan jumlah 128 orang diambil melalui teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan presentase.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) pemantapan konsep desain teknik melekatkan benang dengan motif cinta tanah air pada empat macam blus dengan warna dan motif yang berbeda-beda di mana empat model tersebut diberi identitas blus model A, B, C dan D. 2) Melalui analisis yang telah dilakukan maka daya terima masyarakat terhadap empat macam blus tersebut menghasilkan model A dengan kategori sangat baik dengan skor 75,9%, blus model B dengan kategori baik dengan skor 39,8%, blus model C dengan kategori sangat baik dengan skor 86,7% serta model blus D dengan kategori baik dengan skor 66,4% sehingga dapat disimpulkan bahwa dari keempat model blus A,B,C dan D maka daya terima masyarakat pada blus model A dan C memililiki skor yang tinggi dan dapat diterima masyarakat dengan sangat baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.