EFEKTIVITAS SISTEM BLOK PADA PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY BIDANG KEAHLIAN TATA BUSANA

Fildzah Nabilah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Sri Wahyu Andayani, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
Desy Tri Inayah, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perencanaan sistem blok pada teaching factory, 2) mengetahui pelaksanaan sistem blok pada teaching factory 3) mengetahui hasil evaluasi efektivitas sistem blok pada teaching factory di SMK Negeri 6 Yogyakarta. Metode deskriptif kualitatif pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi teknik, sumber dan waktu. Teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan sistem blok belum berjalan dengan efektiv, dikarenakan proses pembuatan jadwal dibuat berdasarkan job yang sudah ada dan    dapat berubah sewaktu-waktu 2) pelaksanaan sistem blok pada pembelajaran teaching factory ditunjukan adanya tim kerja kelompok dalam pembuatan produk di dukung dengan media pembelajaran busana jadi 3) hasil evaluasi sistem blok terkendala dibagian prasarana yang kurang memadai, kelebihannya pembelajaran berkaloborasi mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran, kekurangannya timbulnya rasa jenuh dan bosan akibat jam waktu pembelajaran yang lebih lama. Temuan penelitian ini menemukan informasi bahwa proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran teaching factory merupakan siswa pilihan yang dapat mengejarkan pesenan tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.