EFEKTIVITAS VIDIO PEMBELAJARAN TUTORIAL BOGA DASAR PADA MAHASISWA DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN

Eka Rachmawati, Akademi Kesejahteraan Sosial “AKK” Yogyakarta, Indonesia
Titik Sulistyani, Akademi Kesejahteraan Sosial “AKK” Yogyakarta, Indonesia
Lina Mufidah, Akademi Kesejahteraan Sosial “AKK” Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan efektivitas vidio pembelajaran tutorial boga dasar pada mahasiswa dengan hambatan pendengaran, 2) mendeskripsikan keterampilan mahasiswa dengan hambatan dengar dalam menerima vidio pembelajaran tutorial. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif khususnya pada mata kuliah boga dasar. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa dengan hambatan pendengaran pada mata kuliah boga dasar dengan jumlah 6 orang. Penentuan subyek penelitian didasarkan pada kriteria subyek yang sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian ini adalah 1) kejelasan vidio yaitu sebesar 77,2 % dengan saran bahwa tulisan yang ada di vidio sebaiknya lebih lambat agar mudah terbaca dengan baik; 2) keterkaitan vidio dengan mata kuliah sebesar 84,2 %, presentase tersebut tergolong dalam kategori baik karena vidio tutorial tersebut sudah memadai materi dari mata kuliah boga dasar; 3) tingkat pemahaman mahasiswa sebesar 81,8 % yang dibuktikan dengan hasil unjuk kerja dan yang terakhir adalah kebermanfaatan vidio dalam menunjang pembelajaran adalah sebesar 84,7 % bahwa vidio tutorial ini dapat dipakai dalam jangka waktu lama dan dapat diulang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kesimpulan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan video pembelajaran tutorial pada mata kuliah boga dasar mempunyai pengaruh langsung dan positif terhadap pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran serta meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mempraktekan pembelajaran sesuai dengan arahan vidio. Penelitian ini menghasilkan temuan dalam proses pengembangan pembelajaran. Penelitian ini dapat di aplikasikan untuk mata kuliah praktek lain dalam memberikan gambaran dan pemahaman pada mahasiswa dengan kebutuhan pendengaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.