PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUK PASTRY AND BAKERY SISWA KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEWON BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/202

Rizki Maharani, , Indonesia
Sri Wahyu Andayani, , Indonesia
Rina Setyaningsih, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) penggunaan jobsheet pada mata pelajaran Produk Pastry And Bakery kelas XI di SMK Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta, (2) hasil belajar pada mata pelajaran Produk Pastry And Bakery kelas XI di SMK Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta, (3) pengaruh penggunaan jobsheet terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Produk Pastry And Bakery Siswa Kelas XI di SMK Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan analisis korelasi. Subyek penelitian ini siswa kelas XI Tata Boga SMK N 1 Sewon. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikan 10% dan diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu sebanyak 68 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian sebanyak 25 item dengan skala pengukuran menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan korelasi Product Moment didahului uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan jobsheet tergolong dalam kategori rendah dengan frekuensi relatif 44% (2) hasil belajar pada mata pelajaran produk pastry and bakery tergolong dalam kategori sedang dengan frekuensi relatif 46% (3) terdapat pengaruh positif antara penggunaan jobsheet terhadap hasil belajar produk pastry and bakery, hasil diperoleh rhitung = 0,570 > rtabel = 0,235.

Kata Kunci : Penggunaan Jobsheet, Hasil Belajar, Produk Pastry And Bakery.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.