ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN POLA DIGITAL DI SMK NU BANAT KUDUS
Sugiyem Sugiyem, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran pola digital kelas XI di SMK NU Banat. 2. Penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran daring mata pelajaran pola digital di SMK NU Banat ditinjau dari faktor internal dan faktor eksternal. 3. Seberapa besar faktor internal dan faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa kelas XI dalam pembelajaran daring mata pelajaran pola digital di SMK NU Banat. Penelitan ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan 115 siswa kelas XI. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin dan diperoleh 89 sampel. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Uji validitas instrumen dengan judgement expert dan korelasi Pearson, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbanch. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Pembelajaran daring mata pelajaran pola digital di SMK NU Banat Kudus dilaksanakan menggunakan Google Classroom tanpa adanya praktik. Pembelajaran meliputi pemberian materi oleh guru berupa modul, handout, jobsheet, video tutorial, dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik). 2. Faktor dominan penyebab kesulitan belajar: Faktor internal (perhatian, kelelahan jasmani, dan kelelahan rohani) dan faktor eksternal (metode mengajar, sarana dan prasarana, dan media sosial). 3. Persentase faktor dominan penyebab kesulitan belajar: Faktor internal (perhatian 80,76%, kelelahan jasmani 80,34%, dan kelelahan rohani 80,34%) dan faktor eksternal (metode mengajar 75,84%, sarana dan prasarana 73,97%, dan media sosial 70,51%).
Kata Kunci: Kesulitan belajar, pembelajaran daring, pola digital
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.