ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR PENGOLAHAN PASTRY DAN BAKERY PADA SISWA KELAS XI

Ismih Aisyah Namira, , Indonesia
Sri Wahyu Andayani, , Indonesia
Rina Setyaningsih, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan pastry dan bakery kelas XI di SMK N 07 kota Bengkulu ditinjau dari faktor internal yang meliputi motivasi, minat dan sikap maupun secara faktor eksternal yaitu meliputi lingkungan keluarga. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data yaitu angket. Instrumen diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) faktor penyebab kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah sebagai berikut: Indikator motivasi sebesar 61% kategori sedang. Indikator minat sebesar 51% kategori sedang. Indikator sikap sebesar 72% kategori sedang. 2) faktor penyebab kesulitan belajar pengolahan pastry dan bakery di SMK N 07 Kota Bengkulu ditinjau dari faktor eksternal adalah sebagai berikut: Indikator lingkungan keluarga sebesar 72% kategori sedang. Indikator lingkungan sekolah sebesar 72% kategori sedang. Indikator lingkungan masyarakat sebesar 67% kategori sedang.

Kata Kunci: Kesulitan belajar,Faktor Internal, Faktor Eksternal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.