KONTRIBUSI MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR TATA BUSANA SISWA SMK
Ari Setyawan, , Indonesia
Enggar Kartika, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kontribusi media sosial youtube dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar tata busana siswa SMK. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Populasi seluruh siswa kelas X tata busana sebanyak 66 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin berjumlah 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Uji validitas menggunakan program Microsoft Excel 2013 dengan rumus korelasi Product Moment dan reliabilitas menggunakan program IBM Statistics 20. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial youtube, motivasi belajar dan prestasi belajar dalam kategori cukup. Analisis regresi ganda menunjukkan = 6,354 dengan peluang ralat 0,003 koefisien korelasi ganda Ry1,2= 0,436 dan R2= 0,190 berarti 19% prestasi belajar dapat dijelaskan oleh kedua ubahan prediktor, artinya sumbangan efektif media sosial youtube 9,3% dan motivasi belajar 6,1%. Koefisien korelasi parsial R1y-2= 0,298 dan R2y-1= 0,283.
Kata Kunci: media sosial youtube, motivasi, prestasi belajar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.