PENILAIAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL BERBENTUK FLIPBOOK PADA MATERI TEKNIK HIASAN SMOCK
Wesnina Wesnina, , Indonesia
Dewi Suliyanthini, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-modul berbentuk flipbook materi teknik hiasan smock dengan penilaian berdasarkan karakteristik modul dan elemen multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode preeksperimental berdesain one-shot case study. Penilaian dilakukan kepada panelis ahli berdasarkan teori karkateristik modul meliputi aspek pembelajaran mandiri, kesatuan yang utuh, berdiri sendiri, menyesuaikan diri dan mudah digunakan serta teori elemen multimedia meliputi aspek teks, gambar, video dan audio. Penilaian diukur dengan skala bertingkat. Menggunakan instrumen kuesioner (angket) tertutup-terbuka. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran e-modul berbentuk flipbook pada materi teknik hiasan smock memperoleh nilai 3,64 sebagai media pembelajaran. Penilaian berdasarkan nilai tertinggi karakteristik modul yaitu pada aspek self contained dengan nilai 4. Nilai terendah berdasarkan karakteristik modul pada aspek stand alone dengan nilai 3,5. Penilaian berdasarkan nilai tertinggi elemen multimedia yaitu pada aspek Gambar dengan nilai 3,7. Nilai terendah berdasarkan elemen multimedia pada pada aspek Audio dengan nilai 3,33.
Kata Kunci : Penilaian, E-modul, Teknik Hiasan Smock
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.