EVALUASI PELAKSANAAN TEACHING FACTORY TATA BOGA SMK MA’ARIF 2 SLEMAN DENGAN PENDEKATAN GOAL ORIENTED EVALUATION MODEL

Kurniawan Dwi Mukti, , Indonesia
Kokom Komariah, , Indonesia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan teaching factory Tata Boga di SMK Ma’arif 2 Sleman, yang berkaitan dengan pelaksanaannya dan orientasi kesiapan kerja siswa, ditinjau dari kompetensi siswa aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi goal oriented yang dikembangkan oleh Tyler. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pengelola teaching factory dan 58 siswa kelas XII SMK Ma’arif 2 Sleman Jurusan Tata Boga. Validitas instrumen dilakukan dengan Judgement Experts. Data dikumpulkan dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kesiapan kerja siswa dari hasil teaching factory Tata Boga SMK Ma’arif 2 Sleman ditinjau aspek pengetahuan termasuk dalam kategori siap, dengan persentase pencapaian sebesar 76% (2) tingkat kesiapan kerja siswa dari hasil teaching factory Tata Boga SMK Ma’arif 2 Sleman ditinjau aspek keterampilan termasuk dalam kategori sangat siap,
dengan persentase pencapaian sebesar 89%. (3) tingkat kesiapan kerja siswa dari hasil teaching factory Tata Boga SMK Ma’arif 2 Sleman ditinjau aspek sikap termasuk dalam kategori sangat siap, dengan persentase pencapaian sebesar 91%.

Kata kunci: evaluasi, teaching factory, kesiapan kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.