HAMBATAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PERKULIAHAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Kurni Marifa, , Indonesia
Kokom Komariah, , Indonesia
Siti Hamidah, , Indonesia
Sugiyono Sugiyono, , Indonesia

Abstract


Perkuliahan secara daring sudah banyak dilakukan, namun gambaran hambatan riil yang dijumpai dalam perkuliahan Tata Boga belum banyak yang melakukannya, karena karakteristik pembelajaran vokasional Tata Boga terdiri dari teori dan praktik. Paper ini bertujuan untuk menggambarkan hambatan-hambatan yang dijumpai
dalam pembelajaran daring selama perkuliahan dilihat dari faktor internal dan eksternal. Penelitian ini bersifat eksploratori dengan menggunakan metode survey. Subjek penelitiannya adalah 185 orang mahasiswa Program Studi S1 dan D4 Tata Boga yang menjalani perkuliahan secara daring. Tahapan penelitian meliputi: menentukan masalah penelitian; membuat desain survey; mengembangkan instrumen survey; menentukan sampel; mengumpulkan data; memeriksa data (editing); mengkode data; data entry; pengolahan dan analisis data; interpretasi data; dan membuat kesimpulan serta rekomendasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hambatan dari faktor internal tersbesar adalah adanya miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa (25,71%), turunnya motivasi, (24,28%), manajemen waktu yang kurang baik (17,15). Sementara itu, hambatan eksternal dalam
pembelajaran daring yaitu sinyal/jaringan internet yang susah atau kurang stabil di lingkungan tempat tinggal (55,13%), ketersediaan kuota internet (12,97%) dan keterbatasan fasilitas/gadget (9,18%)

Kata kunci: Hambatan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Internal dan Eksternal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.