HUBUNGAN PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP ANTUSIASME SISWA MENGIKUTI MATA PELAJARAN TEKNOLOGI MENJAHIT

Heny Kumalasari, , Indonesia
Mohammad Adam Jerusalem, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran digital mata pelajaran teknologi menjahit, 2) Mengetahui antusiasme siswa dalam mengikuti mata pelajaran teknologi menjahit, dan 3) Menguji adanya hubungan hasil pelaksanaan pembelajaran digital dengan antusias siswa pada mata pelajaran teknologi menjahit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMKN 2 Sewon sebanyak 68 orang dengan sampel sebanyak 58 orang ditentukan dengan rumus Slovin. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis data deskripsi dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil pelaksanaan pembelajaran digital di SMK N 2 Sewon termasuk
kategori kurang (74,1%), 2) antusiasme siswa di SMK N 2 Sewon termasuk kategori kurang (67,3%), 3) terdapat hubungan antara hasil pelaksanaan pembelajaran digital dengan antusiasme siswa di SMK N 2 Sewon dibuktikan dengan besarnya nilai signifikansi < 0,05 sehingga hipotesis diterima dengan koefesien determinasi (r2) 0,625 yang artinya hubungan variabel X dan Y sebesar 62,5% sedangkan 37,5% antusiasme siswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penilitian ini.

Kata kunci: pembelajaran digital, antusiasme siswa, tata busana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.