PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN UNJUK KERJA MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH

Hanifatun Nisa, , Indonesia
Sri Widarwati, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan unjuk kerja membuat gambar proporsi tubuh wanita sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction, serta mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap kemampuan unjuk kerja menggambar proporsi tubuh wanita
kelas X di SMK N 1 Wonosari. Penelitian kuantitatif metode pre-eksperimen bentuk one-group pre-test posttest design. Populasi 72 siswa, sampel 37 siswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan uji paired t-test. Hasil penelitian: (1) kemampuan unjuk kerja menggambar proporsi tubuh wanita sebelum diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction memiliki skor rerata 28 dalam kategori “kurang”, (2) kemampuan unjuk kerja menggambar proporsi tubuh wanita sesudah diterapkan model pembelajaran Explicit Instruction memiliki nilai rerata 39 dalam kategori “tinggi”, (3) dengan uji paired t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima sehingga menunjukkan adanya pengaruh
penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan unjuk kerja membuat gambar proporsi tubuh wanita.

Keywords: kemampuan unjuk kerja, model pembelajaran Explicit Instruction, proporsi tubuh wanita


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.