DAYA TARIK KONSUMEN TERHADAP TENUN SONGKET ACEH JASMANI DI ACEH BESAR
Nurbaiti Nurbaiti, , Indonesia
Syifaur Rahmah, , Indonesia
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik tenun songket Aceh, mengetahui
persepsi konsumen terhadap tenun songket Aceh, dan mengetahui faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap tenun songket Aceh. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
kualitatif, dengan subjek penelitian 9 (sembilan) orang yaitu 1 orang pemilik usaha, 3
orang pengrajin tenun songket Aceh dan 5 orang konsumen tenun songket Aceh.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Berdasarkan hasil data disimpulkan bahwa karakteristik tenun songket setiap daerah
itu berbeda-beda antar satu daerah dengan daerah penghasil tenun diluar daerah Aceh. Perbedaan terbesar biasanya terdapat pada warna dan motif. Motif yang dikembangkan pada tenun songket Aceh Jasmani yang paling disukai konsumen adalah motif Pinto Aceh, pucuk reubong, bungong geulima. Daya Tarik konsumen terhadap tenun songket Aceh karena warna yang cerah sebagai warna khas daerah Aceh seperti merah, kuning, hijau yang memiliki makna
Kata Kunci : Daya tarik, Tenun Songket Aceh
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.