PELATIHAN KREASI SENI HANTARAN PENGANTIN PADA DHARMAWANITA KAPANEWON PENGASIH WATES

Elok Novita, , Indonesia
Christine Ulina Tarigan, , Indonesia
Marifani Fitri Arisa, , Indonesia

Abstract


Pelatihan kreasi seni hantaran pengantin diikuti oleh Dharma Wanita Kapanewon Pengasih-Wates dengan tujuan 1) memberi pemahaman pengetahuan seni hantaran pengantin, 2) memberi keterampilan yang bermanfaat disela sela waktu luang, 3) memberikan peluang usaha untuk meningkatkan sumber penghasilan tambahan
keluarga. Kegiatan ini dilakukan dalam masa pandemi menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan praktek berisi materi kreasi menghias kotak hantaran, seni melipat hantaran, menghias hantaran dengan pemberian asesoris sehingga tampak menarik. Pemberian materi dilakukan secara luring sebanyak dua kali tatap muka.
Pada penutup kegiatan, peserta melakukan evaluasi dengan mengisi kuisioner. Hasil pelaksanaan pelatihan menunjukkan jika (1) pelatihan yang dilakukan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi peserta kegiatan pelatihan yang menginginkan adanya kegiatan pelatihan (2) evaluasi pelaksanaan pelatihan menunjukkan jika tingkat kebermafaatan pelatihan memperoleh persentase kebermanfaatan pelatihan mencapai 93,43% yang dapat dikategorikan jika pelaksanaan pelatihan yang telah dilaksanakan sangat bermanfaat, sedangkan perolehan persentase kelayakan pelatihan mencakup hasil, instruktur, materi dan fasilitas secara berturut-turut persentase kelayakan pelatihan dilihat dari aspek instruktur mencapai persentase 87,18% dengan kategori sangat layak, persentase aspek materi mencapai persentase 87,5% dengan kategori sangat layak, persentase aspek fasilitas mencapai 85,75% dengan kategori sangat layak, dan aspek hasil pelaksanaan pelatihan mencapai 87,81% dengan kategori sangat layak.

Keywords: kreasi hantaran, pelatihan hantaran, seni hantaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.