BRAINSTROMING SEBAGAI ALTERNATIF MENGEMBANGKAN BEPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TATA BUSANA

Sri Endah Wahyuningsih, , Indonesia
Arsy Nur Afifah, , Indonesia
Khanza A, , Indonesia

Abstract


Kreativitas merupakan peran penting dalam dunia Mode karena hanya individu kreatif
yang dapat menghasilkan ide dan produk kreatif bidang fashion. Pendidikan Tata Busana harus menjalankan fungsinya untuk pembentukan karakter, budaya kerja, kepribadian, keterampilan, pengetahuan, perilaku dan berbagai keterampilan hidup sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Pendidikan tata busana /Fashion masih belum maksimal dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, terutama kemampuan berfikir kreatif dalam memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari yang dihadapinya. Untuk itu diperlukan kreativitas pendidik untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik. Kreativitas peserta didik akan muncul, apabila guru sebagai fasilitator memiliki kreativitas yang memadai. Materi pelajaran yang telah disusun dalam silabus harus dikembangkan dengan baik untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Pengembangan kreativitas dapat dilakukan dengan metode pembelajaran brainstorming, memberikan motivasi, mendatangkan orang-orang kreatif ke sekolah dan tidak membatasi siswa secara berlebihan dengan mengarahkan peserta didik untuk mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri dalam hubungannya dengan diri sendiri, dengan alam, dan masyarakat.


Kata Kunci: Strategi, Kreativitas, Tata Busana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.