INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA MATA KULIAH PRODUKSI BUSANA KONVEKSI
Abstract
Pandemi menuntut mahasiswa untuk kreatif dan solutif dalam memasarkan sekaligus menjual produk fashion hasil dari mata kuliah Produksi Busana Konveksi. Ada beberapa capaian pembelajaran mata kuliah yang harus dipenuhi meskipun pembelajaran tidak bisa dilaksanakan secara luring. Salah satunya mahasiswa juga harus mampu untuk memasarkan produk hasil produksi di mata kuliah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana siswa memanfaatkan instagram sebagai media promosi pada mata kuliah produksi busana konveksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dimulai dari menganalisis masalah, dengan menemukan masalah yang sedang dihadapi dan juga menganalisis khalayak agar mendapatkan target yang tepat. Kemudian merumuskan atau menentukan tujuan yaitu meningkatkan kesadaran konsumen akan produk dan meningkatkan penjualan. Selanjutnya pemilihan instagram sebagai media dan saluran komunikasi yang tepat untuk membantu dalam proses komunikasi pemasaran. Pelaksanaan pemasaran online yang dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan aktivitas sosial media yang memanfaatkan fitur foto dan video untuk mengenalkan produk, comment untuk berinteraksi, caption untuk pesan, dan location, hashtag, tagging serta instagram story membantu penyebaran informasi. Kemudian endorsement ke teman dengan follower yang banyak dilakukan untuk meningkatkan follower dan jumlah like. Dari evaluasi pemanfaatan instagram, dapat disimpulkan semua produk terjual dan mahasiswa mendapatkan keuntungan sesuai dengan target.
Keywords: Instagram, promosi, produksi busana konveksi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.