IDENTIFIKASI HIDANGAN TUMPENG NASI JAGUNG SEBAGAI HIDANGAN KHUSUS UPACARA ADAT DUSUN SENDI KECAMATAN PACET KABUPATEN MOJOKERTO

Bulqis Salwa Pahala Jum'at, , Indonesia
Ummi Rohajatien,
Budi Wibowotomo, , Indonesia

Abstract


Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Pacet Kabupaten Mojokerto. Dusun Sendi dikenal dengan ‘desa adat’ dikarenakan Dusun Sendi memiliki tradisi turun temurun yang masih dilestarikan secara rutin, khususnya upacara adat Ngangsu Banyu Kahuripan dan hidangan khas tradisional Tumpeng Nasi Jagung. Hidangan pada upacara adat tersebut dijadikan ikon yang menjadi ciri khas Dusun Sendi. Hal ini menjadi perhatian yang memiliki potensi besar untuk lebih dikembangkan sebagai pariwisata kuliner dengan membuka peluang usaha bagi warganya untuk meningkatkan perekonomian Dusun Sendi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upacara adat, hidangan khusus, bahan makanan, teknik pegolahan dan penyajian hidangan khusus.
Penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber primer, yaitu observasi dan wawancara langsung dengan narasumber, serta sumber sekunder melalu dokumen, buku, penelitian terdahulu. Untuk mengumpulkan sumber tersebut, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif dilakukan dengan cara: pengumpulan, reduksi, penyajian, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan membercheck dengan Masyarakat dan Ketua Adat Dusun Sendi yang menjadi narasumber.
Hasil penelitian hidangan khusus upacara adat di Dusun Sendi meliputi: Tumpeng Nasi Jagung dan Tumpeng Nasi Putih. Hidangan khusus tersebut diklasifikasikan sebagai (1) makanan pokok; (2) lauk pauk; (3) sayuran; (4) sedap-sedapan; (5) sambal; dan (6) minuman. Hidangan Tumpeng Nasi Jagung merupakan hidangan yang hanya disajikan pada saat upacara adat dilaksakan. Teknik pengolahan yang digunakan yaitu dikaru, mengukukus, merebus dan menggoreng. Penyajian hidangan Tumpeng Nasi Jagung menggunakan takir yang terbuat dari daun pisang sebagai wadah lauk pauk dan sayuran. Alas yang digunakan sebagai wadah hidangan tumpeng adalah tampah besek. Sebagian nasi dibungkus menggunakan daun pisang agar tidak mudah kering. Minuman disajikan dalam wadah teko dan cangkir. Peranan hidangan Tumpeng Nasi Jagung adalah sebagai hidangan pokok dan hidangan khusus.

Kata Kunci: hidangan khusus, tumpeng nasi jagung, upacara adat, dusun Sendi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.