PEMAHAMAN MAHASISWA PRODI S1 PENDIDIKAN TATA BUSANA PADA PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK

Yunita Asfia, , Indonesia
Nurul Aini, , Indonesia
Idah Hadijah, , Indonesia

Abstract


Perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan yang memanfaatkan perkembangan teknologiinformasi dalam bentuk sistem informasi akademik (Siakad). Bagi mahasiswa, Siakad dapat digunakan untukmenyelesaikan berbagai kegiatan administrasi akademik secara online seperti pemrograman Kartu Rencana Studi(KRS). Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan akademik sebagian besar dialihkan ke sistem daring, sehinggasudah selayaknya Siakad dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Pemahaman mahasiswa pada penggunaanSiakad, sangat berpengaruh pada efektivitas penggunaan sistem tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pemahaman mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Universitas Negeri Malang angkatan 2017pada penggunaan sistem informasi akademik (Siakad). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busanaangkatan 2017 pada penggunaan Siakad diperoleh sebanyak 28,6% mahasiswa tergolong sangat paham, 69,6%mahasiswa tergolong paham, 1,8% mahasiswa tergolong kurang paham, dan tidak ada mahasiswa yangtergolong tidak paham. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa tergolong paham padapenggunaan sistem informasi akademik. Upaya untuk terus meningkatkan pemahaman mahasiswa tentudiperlukan, sehingga diharapkan pihak lembaga dapat melakukan sosialisasi kepada mahasiswa mengenai tatacara penggunaan Siakad secara menyeluruh.Kata Kunci: Pemahaman, Mahasiswa, Sistem Informasi Akademik (Siakad)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.