HUBUNGAN HASIL BELAJAR TEORI BUSANA INDUSTRI DENGAN HASIL MENJAHIT KEMEJA PESERTA DIDIK KELAS IX TATA BUSANA SMKN 1 DEPOK, SLEMAN
Mohammad Adam Jerusalem, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hasil belajar teori pembuatan busana industri pada peserta didik kelas XI Tata Busana, (2) hasil menjahit kemeja pada peserta didik, (3) menguji adanya hubungan hasil belajar teori dengan menjahit kemeja peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Depok, Sleman. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan kolerasional dengan sampel 29 peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Depok. Instrumen penelitian menggunakan soal ulangan harian untuk hasil belajar teori dan penilaian unjuk kerja untuk hasil jahitan kemeja . Teknik analis menggunakan teknik analisis statistis deskriptif. Hasil penelitian diketahui: (1) hasil belajar teori peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Depok dengan hasil pada kategori “cukup” sebesar 58,62% dengan jumlah 15 peserta didik dan pada kategori “tinggi” sebesar 31,30% dengan jumlah 9 peserta didik. (2) hasil menjahit peserta didik dengan kategori “cukup” sebesar 58,62% dengan jumlah 17 peserta didik dan pada kategori “tinggi” sebesar 34,48% dengan jumlah 10 peserta didik. (3)terdapat adanya hubungan hasil belajar teori dengan hasil menjahit kemeja lengan panjang peserta didik kelas XI Tata Busana SMK Negeri 1 Depok melalui uji korelasi dengan nilai signifikan, koefisien korelasi tersebut bernilai positif artinya jika hasil belajar teori tinggi maka hasil menjahit kemeja lengan panjang juga semakin tinggi.
Kata Kunci: Hasil Belajar Teori, Jahitan Kemeja
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.