Karakter Lulusan Pendidikan Teknik Busana Sebagai Calon Guru Profesional Di Bidang Busana

Sri Wisdiati, , Indonesia

Abstract


Pendidikan bidang keahlian teknik busana harus mengetahui konsep pendidikan, mengetahui pendidikan yang berkarakter, mengetahui model calon guru yang terdidik yang memiliki kemampuan bernalar bersaing dan memberikan bekal yang cukup untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada tingkat yang lebih tinggi serta menghasilkan calon guru profesional yang berkarakter dalam menerapkan bidang keahliannya, mampu mengembangkan profesinya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam pendidikan atau mendidik tidak hanya sebatas mentransfer ilmu saja, namun lebih jauh dan pengertian itu yang lebih utama adalah dapat mengubah atau membentuk karakter seseorang agar menjadi lebih baik, lebih sopan dalam tataran etika maupun estetika maupun perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus sadar, bahwa pembentukan karakter atau kepribadian ini sangat penting, bahkan sangat mendesakdan mutlak adanya (tidak bisa ditawar-tawar lagi). Pembangunan di bidang pendidikan merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas calon guru, Baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Peningkatan kualitas calon guru akan dapat menunjang perkembangan ilmu pengetahuan, membentuk karakter yang kuat diiringi dengan teknologi yang semakin pesat, sehingga menghasilkan calon- calon guru yang profesional dibidang kependidikan dan non kependidikan yang memiliki wawasan budaya dan global yang menguasai Ilmu Tata Busana. sebagai salah satu wadah untuk mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pendidikan itu untuk membentuk karakter moral yang baik berupa sabar, ikhlas dan rasa syukur. Disamping itu juga membentuk kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. Sedangkan untuk membentuk semua itu tidak cukup hanya pendidikan di sekolah saja. Melainkan harus memadukan antara pendidikan keluarga, sekolah dan pendidikan masyarakat. Oleh karena itu, membangun karakter calon guru profesional melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda, mulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat dengan meneladani para tokoh yang memang patut untuk dicontoh. Semoga ke depan bangsa kita lebih beradab, maju, sejahtera kini, esok dan selamanya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.