Sumbangan Pembelajaran Inovatif Terhadap Penerapan Pendidikan Karakter

Sri Widarwati, , Indonesia

Abstract


Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan dan pada akhirnya menjadi manusia yang berkualitas. 

Ciri dari manusia berkualitas meliputi taqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, jujur, disiplin, terampil, bertanggung jawab, patriotik, bersemangat kerja tinggi, cerdas, inovatif, progresif, mandiri, mahir, sehat jasmani dan rohani dan berkepribadian. Penerapan pendidikan karakter dapat dilakukan pada pendekatan pembelajaran konstruktivistik dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran inovatif antara lain Contextual Teaching Learning, Cooperative Learning dan Problem Based Learning.

Dampak dari penerapan pembelajaran inovatif pada pendidikan karakter adalah meningkatkan kepekaan dan kesetiakawanan social, saling belajar mengenai sikap, keterampilan, informasi, perilaku social dan menghilangkan sifat mementingkan diri sendiri atau egois, membangun persahabatan yang dapat berlanjut sampai tua, meningkatkan rasa saling percaya antar sesama, meningkatkan kemampuan memandang masalah dan situasi dari berbagai perspektif serta memungkinkan siswa menginterpretasikan dan menjelaskan fenomena dunia nyata dan membangun pemahamannya tentang fenomena tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.