STRATEGI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PRAKTEK BUSANA

Emy Budiastuti, , Indonesia

Abstract


Pembelajaran praktek busana di sekolah sudah saatnya membangun kompetensi, baik kompetensi keahlian maupun kompetensi karakter. Banyak siswa unggul dalam kompetensi keahlian busana namun lemah dalam kompetensi karakternya. Pendidikan karakter di sekolah diterapkan pada proses pembelajaran berlangsung, dan tidak tercermin pada mata pembelajaran khusus. Pendidikan karakter bisa diintregasikan melalui pembelajaran yang menyenangkan, siswa tidak merasa tertekan, nyaman dalam mengikuti pelajaran sehingga diharapkan menghasilkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baik. Penddidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, akan dihasilkan siswa yang cerdas, baik cerdas intelektualnya maupun emosinya. Keseimbangan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosi menjadi modal penting dalam mempersiapkan anak menghadapi masa depan. Melalui pendidikan karakter yang positif diharapkan menghasilkan siswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beriman, berprestasi, disiplin, tanggungjawab, sopan, berakhlak mulia, kreatif mandiri, dan percaya diri. 

Kata Kunci : penerapan, pendidikan karakter, pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.