PEMBELAJARAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLBN 1 YOGYAKARTA
Abstract
Anak tunagrahita adalah salah satu golongan anak luar biasa yang mengalami keterlambatan perkembangan mental dan mempunyai perkembangan intelektual dibawah rata-rata anak normal. Mereka kurang mampu dikembangkan dalam pembelajaran akademik sehingga memerlukan pengembangan lain yakni dalam pembelajaran keterampilan. Tujuan pembelajaran keterampilan yakni meningkatkan kemampuan anak tunagrahita dalam melakukan suatu pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat. Salah satu pembelajaran keterampilan yang dilaksanakan kelas rombongan belajar Tata Busana di SLBN 1 Yogyakarta adalah pembuatan masker kain. Berkaitan dengan adanya pandemi covid-19 yang terjadi saat ini, pemerintah menghimbau seluruh masyarakat mengenakan masker kain untuk pencegahan penyebaran virus covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan pembuatan masker kain pada anak tunagrahita ringan di SLBN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif dan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru, metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan praktek sedangkan media yang digunakan berupa alat-alat jahit dan bahan kain. Pelaksanaan pembelajaran pembuatan masker kain dilaksanakan 4 kali dalam satu bulan, proses evaluasi dilakukan dengan menyimpulkan dari pengamatan hasil kerja siswa setelah pembelajaran berlangsung dan ditampilkan dalam portofolio siswa.
Kata Kunci : Anak Tunagrahita, Pembelajaran Keterampilan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.