ANALISIS KESESUAIAN KONTEN KURIKULUM DENGAN SKKNI KEPARIWISATAAN DAN KESIAPAN MAHASISWA UNTUK UJI KOMPETENSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA UNNES

Saptariana Saptariana, , Indonesia
Octavianti Paramita, , Indonesia
Maria Krisnawati, , Indonesia
Rina Rachmawati, , Indonesia

Abstract


Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) merupakan pencetak lulusan perguruan tinggi yang memiliki tanggung jawab untuk membekali lulusannya dengan kompetensi yang memadai dan diakui di dunia kerja sebagai tenaga kependidikan. Demikian halnya lulusan LPTK bidang kepariwisataan yang termasuk didalamnya tata boga, harus memiliki bekal ilmu kejuruan dan pedagogik yang mumpuni sekaligus memiliki sertifikat kompetensi bidang pariwisata. Pembuatan kurikulum pendidikan tata boga harus mengacu ke SN Dikti (Permen RistekDikti No.44 Tahun 2015) dan SKKNI, tetapi berdasarkan pengamatan peneliti kurikulum yang disusun sudah mendasarkan pada SN Dikti tetapi belum banyak mengacu ke SKKNI. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui kesesuaian konten kurikulum program studi Pendidikan Tata Boga dengan SKKNI kepariwisataan skema asisten chef, 2) mengetahui kesiapan mahasiswa untuk pelaksanaan uji kompetensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Tata Boga UNNES semester 7 yang akan mengikuti uji kompetensi, sedangkan objek penelitian adalah konten pembelajaran (kurikulum) yang ada di jurusan PKK dalam bentuk capaian pebelajaran mata kuliah (CPMK), dan konten SKKNI kepariwisataan skema asisten chef dalam bentuk kriteria unjuk kerja (KUK). Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, berjumlah 47 mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa data dokumen konten pembelajaran (kurikulum) yang ada di jurusan PKK dalam bentuk capaian pebelajaran mata kuliah (CPMK) dan konten SKKNI kepariwisataan skema asisten chef dalam bentuk kriteria unjuk kerja (KUK), sedangkan data kesiapan mahasiswa Tata Boga untuk uji kompetensi menggunakan data hasil tes. Analisis data dalam penelitaian ini adalah statistik deskriptif, berupa persentase dari kesiapan mahasiswa untuk uji kompetensi, dan analisis kesesuaian CPMK dan kriteria unjuk kerja (KUK). Hasil penelitian: 1) mata kuliah yang memiliki kesesuaian dengan SKKNI adalah mata kuliah Dasar Boga, Pengolahan Makanan Kontinental, Pengelolaan Usaha Boga, Hygiene Sanitasi dan Keselamatan Kerja, Dasar-dasar Manajemen, Tata Hidang dan Bahasa Inggris, 2) hasil analisis tentang kesiapan pengetahuan mahasiswa untuk uji kompetensi di Unnes: nilai A: tidak ada, nilai AB: tidak ada, nilai B: 4 orang (8,33%), nilai BC: 10 orang (20,83%), nilai C: 13 orang (27,08%), nilai CD: 10 orang (20,83%), nilai D: 7 orang (14,58%), dan nilai E: 4 orang (8,33%).

Kata kunci: konten kurikulum, SKKNI, kesiapan kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.